tips aman dari virus yang bercokol di flash disk  

Kamis, 22 Mei 2008

Flash disk merupakan media yang tak asing lagi bagi kita. Dengan Flash disk kita bisa menyimpan berbagai macam data dengan mudah, apalagi harga flash disk yang berkapasitas besar semakin hari semakin terjangkau. Hal ini membuat Flash Disk sebagai salah satu media penyebaran virus yang sangat berbahaya, kebanyakan virus saat ini mempunyai fitur autorun sehingga ketika flash disk dibuka, virus akan menyerang komputer.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hal diatas adalah dengan menggunakan antivirus. Namun seringkali antivirus milik kita tidak mendeteksi adanya virus di flash disk tersebut. Saya akan memberikan tips agar virus tidak memasuki komputer anda dengan cara mematikan fitur autorun tersebut.

Caranya adalah:

1. buka tools>folder option, pilih tab view, kemudian uncheck box " hide extension for known file types" (ini digunakan untuk meng-edit extension)

2. Di desktop, klik kanan kemudian pilih new>text document

3. Ubah nama file baru tersebut dengan nama "autorun.inf"

oke, sekarang kita sudah punya senjata untuk membasmi (bukan virusnya sih :p) autorun di flash disk. Cara menggunakannya adalah ketika kita memasukkan flash disk di komputer kita, JANGAN langsung dibuka, masukkan file yang tadi sudah kita buat ke dalam flash disk tersebut. Tekan yes jika muncul jendela yang menanyakan kita apakah ingin melakukan overwrite.

Voila, komputer anda (untuk saat ini) aman dari virus yang menggunakan autorun.
Sekarang anda tinggal mencari file yang "mencurigakan" dan menghapusnya :p

Design by Shinichi Mibu